Said Bin Tsabit bin Adh-Dhahak Al Anshari berasal dari Bani Najjar yang merupakan keluaga Rosululloh SAW di Madinah. Saat Nabi Muhammad SAW hijarah dari Mekah ke Madinah, usia Said bin Tsabit baru 11 tahun. Setelah masuk Islam saat masih kecil, Ia didoakan agar mendapat keberkahan oleh Rosululloh SAW.

Said Bin Tsabit pernah berkata: "Aku dipertemukan dengan Nabi saat beliau tiba di Madinah. Lalu ada yang mengatakan,'ini adalah seorang anak dari Bani najjar, Ia telah menghafal 17 surat (diriwayat sebelumnya 16)'. Aku pun membacakannya di hadapan beliau. Beliau sangat terkesan. Lalu beliau bersabda, 'pelajarilah bahasa Yahudi (bahasa Ibrani). Sesungguhnya aku tidak bisa membuat mereka beriman dengan kitabku'.

Akupun melakukan apa yang beliau minta. Dalam waktu yang tidak lebih dari setengah bulan, akupun telah berhasil menguasainya. Kemudian aku menulis surat Nabi kepada mereka. Dan apabila mereka  mengirimkan surat kepada beliau, akulah yang menerjemahkannya.

Sumber gambar : ganeshara09.wordpress.com

Abdurrahman nama aslinya adalah Abdul Ka'bah atau Abd Amr dalam riwayat lain. Beliau lahir 10 tahun setelah tahun gajah. Itu artinya beliau lebih muda 10 tahun dari Rosululloh SAW. Beliau termasuk orang yang mula mula masuk Islam. Abdurrahman Bin Auf adalah sahabat Rosululloh SAW yang kaya raya dan banyak sedekah atau infaqnya.Yang membuat beliau kaya raya bukan hanya karena sahabat Rosululloh dan banyak sedekahnya. Beliau juga memiliki kelebihan yang dimiliki yaitu kerja keras, professionlisme, kejujuran, keahlian yang tinggi dan amanah.