Pembelajaran tahun ajaran baru 2020/ 2021 merubah pola pembelajaran yang sudah ada sebelum sebelumnya. Kondisi ini menuntut guru dan orang tua untuk untuk kreatif mengemas pembelajaran, walaupun pembelajaran dilaksanakan  di rumah. Salah satu metode pembelajaran yang bisa diaplikasikan dalam pembelajaran di era pandemi adalah metode BERKISAH. Bagaimana teknik pelasanakannya?

✅Guru bisa membuat rekaman rekaman / video cerita/ kisah teladan lalau diupload via wa, atau media sosial sekolah, baik itu Facebook, Instagram, atau  youtube sekolah.

✅Guru bisa bercerita via lifestreaming Facebook, Instagram atau youtube. Tentukan kapan jadwal pelaksanaannya sehingga orang tua bisa sama2 menonton pembelajarannya.

✅Guru bisa bercerita melalui aplikasi meeting dan  pembelajaran, misalnya google meet, zoom dan aplikasi yang lainnya. Beritahu jadwal pelaksanaanya dan linknya kepada wali murid sehingga para orang tua dan anak bisa sama2 menyimak.

✅Orang tua bisa bercerita langsung kepada anak melalui buku buku cerita/kisah teladan atau melalui modul /bahan cerita yang disiapkan oleh pihak sekolah.Moment saat ini adalah moment yang tepat untuk mensyiarkan gerakan Orang Tua berkisah untuk putra putrinya.

Semoga guru dan para orang tua bisa terus membiasakan metode berkisah untuk anak anak dalam rangka menanamkan akhlakul karimah.

Selamat dan semangat berkisah 😊

Oleh :
Muhammad Mansur, M.Pd.I (Kak Mansur)
Ketua Persaudaraan Pen cerita Muslim Indonesia (PPMI) Jawa Barat

Sumber gambar : https://images.app.goo.gl/ornsWqztJVVtz3ccA

 

S