ASBABUN NUZUL NAMA BUAH HATI

Apalah arti sebuah nama.. Itulah kata kiasan yang sejak kecil kuketahui... Dulu sempat heran kenapa aku dan kedua kakakku diberi nama oleh kedua orangtua kami yang berbau Eropa?... Eva.. Rina... Irma.. Meski nama tengahnya tetap islami...

  • Eva Dzurriyah Ridwan
  • Rina Ismatillah Ridwan
  • Irma Mukmillah Ridwan

Padahal kakak sulungku yang laki laki diberi nama sundanis sekali.. ASEP.  Namun lagi lagi kiasan Apalah arti sebuah nama menghapus keheranan ku.

Seiring waktu ketika menginjak dewasa dan melihat beberapa teman dan saudara seusia  menikah,  punya momongan.. Selalu suprise menanyakan nama buah hatinya.. Dan dari kebiasaan itulah maka timbul keinginan kuat dan  dengan bismillah  nawaitu jika kelak Allah taqdirkan punya keturunan maka nama mereka harus SAMA.  Sama makna dan artinya berharap keadilan ku untuk mereka.Allah Yang Maha Baik mengabulkan keinginanku..

Sepekan saat si  sulung lahir nama pun diberikan. Sesuai dengan niat dan keinginan maka dengan diskusi yang cukup alot akhirnya si sulung diberi nama ADZKA MA'ZIYA RAHIMI yang artinya orang  cerdas yang kuat akan kasih sayangnya.. Anak kedua pun lahir.. Berjenis kelamin lakilaki.. Seperti niat dr awal namanya harus sama.. Maka anak lanang ini pun diberi nama DZAKA MUTAHASSIN RAMZAN yang kalau diartikan menjadi Orang Cerdas semakin baik dan  nyata .Dan selanjutnya tepat di hari kemerdekaan Republik Indonesia lahirlah anak ke 3 yang diberi nama ADZKIA MAKMUNA ROZZANA yang  artinya cerdas, dapat dipercaya dan serius/sabar Dan terakhir si bungsu lahir ketika usia bunda nya menginjak diatas 40 thn plus kondisi ginjal tinggal 1.  Sempat debat juga dengan dokter kandungan... Karena dokter tahu riwayat ku... Inti nya dokter mengkhawatirkan kondisi ku, pun demikian dengan terapis langgananku... Berharap kelak kalau lahiran di SC dengan alasan aman.

Qodarulloh Allah lebih TAHU yang terBAIK untuk hamba-Nya. Diiringi dengan  perjuangan dan do'a tulus dari semua bertepatan dengan pilkada Gubernur Jawa Barat lahir dengan proses normal  seorang bayi laki laki yang  diberi nama DZIKYA MUHAMMAD ROSIHUL ILMIYang artinya orang cerdas terpuji serta ilmu nya yang luas... Nama Dzikya diberi nama Muhammad.. Karena mengikuti saran kanjeng Rosululloh yang jika di amanahi anak laki laki lebih dari 1 maka berilah nama Muhammad.  Kalau dilihat dari ilmu cocoklogi,  semua nama panjang  anak anak berinisial sama yaitu MR.  Inisial MR ini sama dengan nama bunda nya (Mukmillah Ridwan)  juga kakek dr pihak bunda nya (Muhammad Ridwan) Adzka -  Dzaka - Adzkia - Dzikya .. Nama yang sama makna dan artinya pun sama. Berharap dengan sangat jika nama nama tsb  dipanggil olehku sehari lebih dr 50x maka Allah Kabulkan mereka menjadi insan yang CERDAS. Bukankah apa yang di ucapkan oleh seorang ibu adalah do'a...? Demikian sekelumit kisah ku tentang memberikan nama untuk anak anakku

Irma Mukmillah Ridwan

Bunda nya Adzka - Dzaka - Adzkia - Dzikya

PPMI Jabar