BIDADARI BESI (Khaulah binti Azur)

Khaulah binti Azur sejak kecil sangat rukun dengan kakaknya Dhirar bin Azur. Mereka saling menyayangi. Khaulah tumbuh menjadi gadis yang cantik dan berakhlaq mulia, tetap punya keberanian dan kemauan yg kuat.Kemauan yang kuat dan kasih sayangnya pada sang kakak teruji ketika datang berita bahwa Dirar bin Azur yang tergabung dalam barisan mujahid , di tangkap Tentara Romawi Timur. Hati khaulah gelisah memikirkan nasib sang kakak. Maka di carilah jalan untuk tahu dimana kakaknya tertawan dan bergabunglah Khaulah dengan Pasukan Muslim yang di pimpin oleh Khalid Bin Walid, tanpa sepengetahuan beliau.

Saat Khalid bin Walid yang tengah memimpin pertempuran pasukan muslim melawan Romawi Timur, beliau terperangah saat melihat sepak terjang seorang prajurit berkuda. Gerakannya sangat lincah dalam menghantam barisan musuh.

Khalid terpesona dan berkata : " Andai ada beberpa orang segagah dia pasti dengan cepat musuh dapat dibuat tercerai berai." Khalid pun memberi komando : " Ayooo, kita bantu dia....!"

Sambil bertempur bersisian Khalid bertanya pada sang ksatria berkuda itu :" Saudara, kami kagum dengan keberanian anda siapakah anda gerangan ?"

Tanpa membuka penutup wajahnya prajurit tadi menjawab :" Saya khaulah binti azur , adik perempuan dari Dhirar bin Azur. Saya ingin membebaskan kakak saya yang tertawan oleh musuh. "

Tentu saja Khalid Bin Walid terkejut dengan keberanian dan semangat Khaulah yang ternyata seorang Muslimah. Beliau pun mengobarkan semangat pada pasukan tentara Islam. 

Berkat keberanian Khaulah, Prajurit muslim menjadi terbakar semangatnya dan dengan pekik takbir mereka berhasil mencerai beraikan barisan musuh. Khalid bin Walid pun mengutus Rafi bin Umairah untuk mengejar rombongan yang menawan Dhirar , khaulah pun ikut dalam barisan tersebut. Di lembah Salimah akhirnya romobngan Tentara Romawi di temukan dan mereke berhasil menemukan serta membebaskan  Dhirar bin Azur. Itulah kisah keberanian Sang Bidadari Besi Khaulah binti Azur .  

Sumber :  Buku : Kisah2 Tak TerlupakanKarya : Eka WardhanaPenerbit ; Rumah Pensil Publisher .Bandung Halaman : 28

Sumber gambar: https://images.app.goo.gl/11riUuXP8xCdKF928 dan https://images.app.goo.gl/9TGGz3ZMktKsiayH6