Kebiasaan Spiritual Kader PPMI

7 KEBIASAAN SPIRITUAL YANG SANGAT MEMPENGARUHI KETAATAN & KEHIKMATAN AUDIEN KEPADA PENUTUR KISAH

  1. CAHAYA WAJAH, buah dari wudhu yang tuntas, cahaya selalu menjadi arah memandang. Kendatipun tanpa kostum yang menarik, muka yang bening bercahaya sudah menawan hati serta meredam suasana riuh.
  2. KETENANGAN PENAMPILAN: ketenangan dimiliki orang-orang yang anggota tubuhnya tenang, sekali_kali tak akan tenang fisik sebelum akalnya tenang, dan akal belum akan tenang jika hatinya belum tenang. Ketenangan batin adalah buah dari kelaziman dzikrullah filqalbi.
  3. UCAPAN BASMALLAH: apapun amal perbuatan baik yang didahului denan basmallah akan mepnjauhkan bala dan ganguan. Termasuk bertutur cerita. Sadarilah bhw Allah yg akan menjadikan hati mereja cenderung kepada kita. Dongeng yg jorok, kecentila atau lelucon hanya menarik syahwat saja. Namun basmallah (pemahaman bahwa kita akan melakukannya karena Allah) menjadi energi yg besar dan menaklukkan hati audien kita.
  4. UCAPAN SALAM YG TULUS, mengucapkan doa salam yg tulus, akan membuahkan jawaban yg dikabulkan (selamat, rahmat, barakah). Apalagi yg menjawab anak-anak suci dan jumlahnya banyak. ia akan berlipat ganda daya pengaruhnya. Jangan sampai keinginan mendapat kesan bagus dalam mengucap salam justru menjadi kesia-siaan amal krn sekedar mengucap kata salam.
  5. TAHAJUD, Allah akan berikan qaulan tsaqila (kata yg berat) sehingga akan mengendap ke hati-hati pendengar kita, bisa jadi suara kita cempreng tak enak didengar namun pengaruh kata-kata sangat kuat tergurat dihati mereka.
  6. RUHUD DAKWAH: Kesungguhan niat untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik. Bilamana kita berkisah, dan yg mendorong kita adalah keprihatinan dan rasa takut akan munculnya generasi yang dhaif, maka apa yg kita tutur tuliskan akan dirasakan dan dibela oleh kecenderungan hati mereka, tanpa banyak perlawanan ego audien, meluncur menyusupi relung hati mereka. Kecuali hati yang sdh mati.
  7. DOA SEBELUM DAN SESUDAH DAKWAH agar mereka menetima kebenaran, kebaikan dan keindahan Islam, Allah yang akan menyampaikan maksud dari amal dakwah berkisah yang kita sampaikan.

Yaa muqallibal qulub, tsabit quluubana ‘ala diinika

Semoga PPMI tak Salah Arah, Salah Kaprah & Salah Kiprah